Price

Sejarah perkembangan Komputer mulai dari baris pertama sampai sekarang

Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seorang profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika. Mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan, sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertentu. Masalah tersebut kemudian berkembang hinggamenempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik.
1. Komputer Generasi Pertama (1940 s.d. 1959)
Komputer generasi pertama ini mempunyai ciri menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data, cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer, dan juga memerlukan daya yang sangat besar. Komputer
generasi pertama ini 100% elektronik. Di Amerika, Howard H. Aiken (1900–1973) seorang insinyur Harvard bekerjasama dengan IBM berhasil mendesain kalkulator elektrik pertama yang diberi nama MARK I, yang memiliki ukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. Komputer ini dapat melakukan perhitungan aritmatika dasar dan persamaan-persamaan yang lebih kompleks.Kelemahan dari komputer ini adalah operasinya yang lambat. Komputer ini telah bekerja berdasarkan komponen elektrik dan mekanik.

Tahun 1946 Dr. John Mauchly (1919-1995) dan PresperEckert berhasil mengembangkan komputer ENIAC
(ElectronicNumerical Integrator and Calculator). ENIAC terdiri dari 18.000vakum, 70.000 resistor dan 5 juta titik solder, membutuhkan daya175 KW dan sudah dapat menyimpan data yang dikenal sebagaikonsep penyimpanan data (stored Program concept) yangdikembangkan oleh John Von Neuman.Pada pertengahan tahun 1940-an, Jhon Von Neuman (1903-1957),seorang matematikawan Amerika bekerja sama dengan University of Pensylvaniamerancang sebuah komputer yang disebut EDVAC (Electronic Discrete VariableAutomatic Computer), dimana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkanENIAC.Pada tahun 1951, Remington Rand mengembangkan UNIVAC I (UniversalAutomatic Calculator), Jumlah tabung vakum yang digunakan 5.000, ukuran 943kaki kuadrat, berat 8 ton. Merupakan komputer pertama yang digunakan untukmemproses data perdagangan. Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.

No comments:

Post a Comment

Shared Post

Popular Posts